Neilson Gautama's Blog // Twitter @neilsongautama

My FB Page: http://goo.gl/fnPJK Group NBA Indonesia on FB: http://goo.gl/YNDG7 Contact me on neild@doramail.com

15 Top Free Agents 2011

Posted by Neilson Gautama pada Agustus 13, 2011

Tahun 2010 merupakan salah satu bursa free agency yang terbesar selama 20 tahun terakhir. LeBron James, Amare, dan Chris Bosh, adalah beberapa contoh nama pemain yang menjadi free agent. Tahun 2011? Tidak begitu menggairahkan.

Berikut adalah 10 top unrestricted free agents NBA di tahun 2011:

Kategori 1: Unrestricted Free Agents

1. Tyson Chandler, Mavericks
Chandler menjadi free agent di saat yang tepat. Setelah 10 tahun berkarir di liga [Bulls adalah tim yang mendraft Chandler langsung dari SMA di tahun 2001], akhirnya Chandler menjadi juara bersama Mavericks dan jarang cedera.

Tyson akan menjadi komoditi langka di bursa free agent 2011, karena langkanya jumlah big man berkualitas yang menjadi free agent di tahun 2011.

Mavericks diprediksi akan membayar mahal untuk mendapatkan jasa Tyson, karena kemungkinan besar Mark Cuban ingin mempertahankan tim yang menjuarai NBA musim 2010-2011.

2. Nene, Nuggets
Selama musim 2010-2011 berlangsung, Nene sudah mencoba berbulan-bulan untuk menegosiasikan kontrak barunya dengan Nuggets, namun tidak mencapai suatu kesepakatan. Akhirnya Nene mengorbankan garansi kontraknya di tahun terakhir senilai $11.6 juta, agar bisa menjadi unrestricted free agent. Walaupun ini sebuah perjudian, namun apabila Nene tidak cedera, ia tetap menjadi salah satu big man terbaik di liga.

3. David West, Hornets
Nasib West akan terhubungkan juga dengan masa depan Chris Paul di Hornets. Apabila West pindah, maka kemungkinan besar Chris Paul tidak akan punya alasan untuk bertahan di Hornets.

4. Samuel Dalembert, Kings
Dalembert mungkin bukan seorang pemain dengan kaliber All-Star, namun jasanya masih dibutuhkan untuk bertahan, merebound, dan memblok bola. Walaupun berusia 30 tahun, rasanya masih akan ada yang meminati kemampuan Samuel.

5. Jason Richardson, Magic
Jason bermain cukup baik di Magic. Apabila Magic masih ingin mempertahankan Howard sebelum ia menjadi free agent di tahun 2012, maka kemungkinan Magic akan mempertahankan Richardson demi menyenangkan Dwight.

6. Jamal Crawford, Hawks
Crawford adalah peraih gelar sixth man di musim 2009-2010, namun sulit rasanya melihat Hawks mempertahankan Jamal.

7. Caron Butler, Mavs
Otot patellar kanan Butler retak di bulan Januari, dan ia melewatkan sepanjang musim 2009-2010 setelah kejadian tersebut karena harus merehabilitasi cederanya. Cedera Butler merupakan momen yang salah untuk menjadi free agent, mengingat usianya yang tidak lagi muda [31] dan statistiknya yang terus menurun. Akan tetapi, Dallas kemungkinan tetap akan memperpanjang kontraknya, namun tidak dengan harga premium.

8. Tayshaun Prince, Pistons
Kemungkinan besar, Prince akan pergi dari Pistons, yang sedang membangun timnya dengan pemain-pemain muda.

9. Shane Battier, Grizzlies
Battier kembali ke tim yang mendraftnya masuk NBA via trade di bulan Februari 2011 kemarin. Pertanyaannya sekarang, akankah Memphis mempertahankannya mengingat Grizzlies juga harus membayar Marc Gasol di free agency, dan bentrok posisi dengan Tony Allen dan Rudy Gay?

10. Carl Landry, Hornets
Carl Landry melakukan tugas yang cukup baik dalam mengisi kekosongan posisi PF Hornets musim 2009-2010. Hornets mungkin harus memilih akan membayar Landry atau West.

Unrestricted free agent lainnya di tahun 2011: Andrei Kirilenko, Jazz; Mike Dunleavy, F, Pacers ; Kenyon Martin, Nuggets; Grant Hill, Suns; Nenad Krstic, Celtics; Joel Przybilla, Bobcats; Tracy McGrady, Pistons; T.J. Ford, Pacers; Troy Murphy, Celtics; Kris Humphries, Nets; Glen Davis, Celtics; Yi Jianlian, Wizards; Chuck Hayes, Rockets; Jeff Foster, Pacers; Shannon Brown, Lakers; Josh McRoberts, Pacers; James Jones, Heat; Josh Howard, Wizards; Alexis Ajinca, F/C, Raptors; Al Thornton, Warriors; Earl Clark, F, Magic; Mike Bibby, Heat; J.R. Smith, Nuggets; Chris Douglas-Roberts, Bucks; Jose Juan Barea, Mavericks; Jason Kapono, Sixers; Sasha Vujacic, Nets; Michael Redd, Bucks; DeShawn Stevenson, Mavericks; Brandan Wright, Nets; Peja Stojakovic, Mavs; Kwame Brown, Bobcats; Vladimir Radmanovic, Warriors; Kyrylo Fesenko, Jazz; Sebastian Telfair, Wolves; Anthony Parker, Cavs; Jamario Moon, Clippers; Erick Dampier, Heat; Willie Green, Hornets; Solomon Jones, Pacers; Shawne Williams, Knicks; Julian Wright, Raptors; Delonte West, Celtics; Chris Wilcox, Pistons; Earl Watson, Jazz; Marquis Daniels, Kings; DaJuan Summers, Pistons; Rasual Butler, Bulls; Ronnie Price, Jazz; Marcus Banks, Hornets; Reggie Evans, Raptors; Dan Gadzuric, Warriors; Hilton Armstrong, Hawks; Jared Jeffries, Knicks; Leon Powe, Grizzlies; Carlos Arroyo, Celtics; Josh Powell, Hawks; Sasha Pavlovic, Celtics; Steve Novak, Spurs; Louis Amundson, Warriors (PO); Eddie House, Heat (PO); Aaron Gray, Hornets.

Berikut adalah 5 top restricted free agents NBA di tahun 2011:

Kategori 2: Restricted Free Agents

Lima pemain dari draft 2007 ronde pertama [Kevin Durant, Al Horford, Mike Conley, Joakim Noah dan Jared Dudley], telah menandatangani perpanjangan kontrak di musim 2009-2010. Kebanyakan pemain dari draft tahun 2007 akan menjadi restricted free agents di musim panas tahun 2011 ini.

Biasanya, restricted free agents kesulitan mendapatkan penawaran dari tim lain, karena tim tempat pemain tersebut terakhir bermain mempunyai hak untuk menyamai penawaran dari tim manapun.

1. Marc Gasol, Grizzlies
Marc adalah salah satu pemain yang sukses diambil GM Memphis – Chris Wallace. Wallace percaya bahwa Marc mempunyai masa depan yang cerah, dikala tim lain tidak. Ia sering dibandingkan dengan kakaknya, Pau Gasol, yang sudah dua kali menjuarai NBA.

Akan tetapi, di playoffs tahun 2011, penampilan Marc jelas lebih cemerlang dibanding Pau. Sebagai buktinya, tim Marc melangkah lebih jauh dari tim Pau di playoffs 2011. Masalahnya, mampukah Memphis membayar Marc? Ingat bahwa Memphis sudah memiliki pemain-pemain dengan kontrak besar seperti Zach Randolph, Rudy Gay dan Mike Conley.

2. DeAndre Jordan, Clippers
Jordan baru berumur 22 tahun ini, namun Jordan sudah menjadi salah satu shot blocker terbaik Clippers. Akankah Donald Sterling mau untuk memperpanjang kontraknya? Kalau melihat langkah yang diambil Clippers untuk membangun tim muda bersama Blake Griffin, rasanya DeAndre cocok untuk dipasangkan dengan Blake.

3. Jeff Green, Celtics
Kontribusi Green di OKC sedikit tertutup oleh Kevin Durant, padahal permainannya cukup solid. Namun ia tidak begitu bersinar dalam 26 pertandingannya bersama Boston. Akan tetapi, tentu saja GM Celtics, Danny Ainge, tidak akan membiarkan Green pergi begitu saja, apalagi setelah melepas Kendrick Perkins. Saya menduga Celtics akan memperpanjang kontraknya.

4. Nick Young, Wizards
Selama tiga musim pertama, Nick Young bukanlah pemain yang menonjol. Setelah mendapatkan kesempatan bermain, Nick Young bersinar bersama Wizards setelah timnya mentrade Gilbert Arenas di musim 2009-2010 [Nick mencetak rataan 17.4 ppg] . Young adalah pemain yang jago dalam menyerang, namun tidak untuk bertahan.

5. Marcus Thornton, Kings
Mirip dengan kasus Nick Young yang bersinar setelah diberi kesempatan, Thornton bermain luar biasa di tim barunya setelah ditrade dari Hornets ke Kings. Ia memiliki rata-rata 21 points dan menembak dengan persentase 45 percent.

Namun saya tidak yakin Thornton akan mendapatkan tempat di Kings, apabila harus bersaing dengan Tyreke Evans [yang kembali dari cedera] dan Jimmer Fredette [yang diambil Kings dari draft tahun 2011]. Namun sebagai seorang scorer dari bangku cadangan, jasa Marcus akan dibutuhkan.

Restricted free agent lainnya di tahun 2011: Thaddeus Young, 76ers; Wilson Chandler Nuggets; Rodney Stuckey, Pistons; Greg Oden, Blazers; Arron Afflalo, Nuggets; Aaron Brooks, Suns; Jonas Jerebko, Pistons; Spencer Hawes, Sixers; Daequan Cook, Thunder; Mario Chalmers, Heat; Luc Richard Mbah a Moute, Bucks; Gary Forbes, Nuggets; Reggie Williams, Warriors; Marco Belinelli, Hornets; Jason Smith, Hornets; Dante Cunningham, Bobcats; Patrick Mills, Blazers; Derrick Brown, Knicks.

 

Neilson Gautama

NBA Presenter

Follow my twitter at: http://twitter.com/neilsongautama

Join group NBA Indonesia on facebook: http://www.facebook.com/group.php?gid=58998467527

MyFansClub: http://www.facebook.com/pages/Neilson-Gautama-Fans-Club/134018783329305

Tinggalkan komentar